SELAMAT DATANG

SELAMAT BERJUMPA DENGAN SUSANTRONIKA
SHARING MEMPERLUAS WAWASAN DAN PENGETAHUAN

Kamis, 01 September 2011

MENGGULUNG TRANSFORMATOR/ TRAFO

Inti trafo bekas yang terbuat dari besi sungguh sayang jika di buang. Inti Trafo dapat di manfaatkan untuk dibuat trafo lagi, mengingat harga trafo sekarang sangat mahal. Transformator banyak digunakan pada peralatan elektronika termasuk stavolt yang digunakan pada computer. Cara menggulungnya searah dengan jumlah gulungan disesuaikan tegangan yang dibutuhkan. Jumlah gulungan trafo untuk setiap 1 Volt adalah:

Jumlah lilit 1 V = (50 / diameter koker) + toleransi 10 %




Ukuran Koker dalam Cm dan diukur bagian dalamnya (bagian yang untuk menggulung lilitan.
Semakin besar inti trafo/ diameter koker jumlah lilitan makin sedikit.
Contoh:
Diketahui Lebar koker 3,5 Cm, Panjang 5 Cm.
Diameter koker 2x (3,5 + 5 Cm) = 17 Cm.
Jumlah lilit tiap 1 Volt = (50/ 17) + ((50/17) x 0,1))
                                       = (2,94) + (2,94 x 0,1) = 2,94 + 0,3
                                       = 3,24 lilit tiap 1 Volt.
Jumlat lilit untuk tegangan 220 V = 220 x 3,24 = 712,8  = 713 lilit.
Jumlah lilit Untuk tegangan 12 V  =    12 x 3,24 = 38,88 =   39 lilit.
Jumlah lilit untuk tegangan 3 V     =      3 x 3,24 = 9,72   =   10 lilit.
Tegangan dapat di buat bertingkat, perhatikan gambar :

Langkah Kerja:
1. Menyiapkan Inti Trafo yang berbentuk huruf E dan I.
2. Membuat koker trafo dengan bahan isolator. Paling mudah menggunakan PCB yang dilarutkan tembaganya.
3. Ukuran koker tergantung ukuran inti besi yang dipakai, sehingga ukuran koker diukur dengan inti trafo. Perhatikan gambar:

4. Potongan bagian-bagian koker di atas di susun dan diberi perekat lem castol/ Fox.
5. Kawat email digulung pada koker dengan arah gulungan tetap, dan jumlah lilitan sesuai kebutuhan tegangan.
6. Diameter kawat email akan menentukan arus out put trafo. makin besar diameter kawat, arusnya makin besar.
7. Antara lapisan gulungan primer dan sekunder diberi lapisan kertas minyak untuk mencegah kebocoran arus PLN      masuk ke gulungan skunder.





40 komentar:

  1. Mohon pencerahannya nih :

    Rumus Jumlah lilit/1volt = (50/diameter koker)+10%

    diameter koker = 2x(lebar+panjang koker), maksudnya hitungan keliling dari koker tersebut khan? bukan diameter atau diagonal nya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. 1) Misalnya 50/keliling koker = 10, maka jumlah lilitan untuk 1 Volt= 10 + (10% x 10) = 10+1 = 11. Hal ini untuk toleransi.
    2) Ya betul itu. he he he..

    BalasHapus
  3. sy punya trafo rusak yang mau sy gulung ulang ukuran koker:2,2cm x 5,2cm tegangan yang ingin sy buat input:220v output 28v ct 28v berdasar rumus diatas maka 1077 lilit untuk primer 138+138 lilit untuk sekunder.BENARKAH HITUNGAN SY?? DAN BERAPA KETEBALAN EMAIL PRIMER DAN SEKUNDER GUNA MENDAPATKAN AMPER SEBESAR BESARNYA BERDASARKAN UKURAN KOKER TERSEBUT. terimakasih sebelumnya,wasallam prayitno

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1) jumlh lilitan tiap 1 V = 3,68
      2) Jumlah primer= 220 V x 3,68 = 809,6 = 810
      3) Jumlah sekunder = 28 V x 3,68 = 103
      Dua belitan 103, karena CT
      4) Arus ditentukan oleh besarnya diameter kawat email.
      kurang lebihnya primer 0,5 mm, sekunder 1,2 mm. akan keluar arus 5 A (murni)

      Hapus
  4. terimakasih atas responnya.. tapi masih ada yang membuat sy bingung yaitu:
    1)maaf tanpa meragukan keilmuan bapak namun sy mendapatkan rumus trafo dari seorang siswa stm yang berbeda.itu yang membuat sy bingung,rumusnya 50/LUAS koker(LEBAR x PANJANG)+10%.sedangkan rumus yang bapak tulis 50/DIAMETER koker(2 x LEBAR + PANJANG)+10% rumus manakah yang benar?? dan rumus mana yang biasa digunakan pada trafo yang ada dipasaran??
    2)sewaktu sy membongkar trafo ada sejenis cat berwarna kekuningan yang sy temukan hingga ke lilitan dalam. cat apakah itu?? dan apa efeknya jika sy membuat trafo tanpa cat tersebut??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1) terima kasih koreksinya. Yg benar seperti perhitungan pada contoh. dan sesuai yg diterapkan dipasaran.
      2) Itu cat serlak yg sering dipakai untuk plitur. dibeli di toko besi. untuk merekatkan kawat biar tidak bergetar yang akhirnya berbunyi mendengung.

      Hapus
  5. pak jika inputnya DC 13,8vdc ingin saya keluarkan via trafo 0,5A dengan keluaran masing2 ; 7vdc dan 24 vdc. berapa ukuran kokernyan dan hitungan diameter primer skunder lilitannya atau kwt nya? makasih.

    BalasHapus
  6. 1) Ukuran koker menentukan jumlah belitan tiap 1 V. Semakin besar koker, jumlah belitan tiap 1 V makin sedikit.
    2) diameter kawat tergantung arusnya. arus 0,5 A diameter kawat sekitar 0,3

    BalasHapus
  7. koker p1.5 L2.9 14 volt berapa lilit ya. Ku Coba 104 lilit panas belum ada beban/tanpa beban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari perhitungan jumlah lilitan tiap 1 V 5,7. Jadi untuk tegangan PLN 220 V, lilitannya 1254x

      Hapus
  8. Maaf pak, mau tanya.. sebenarx gulungan travo CT itu gimana? Misalx utk 12-0-12 apakah lilitan dlm jumlah tertentu kemudian dilanjutkan lilitan dlm jumlah yg sama dengan arah gulungan yg sama juga? Atau lilitan kedua arahx berlawanan?

    Mohon penjelasanx ya pak.. Maaf awam..
    Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Benar itu. Titik 12 ke 12 akan terukur 24 V

      Hapus
    2. mf,semisal lilitan sekunder dirangkap 2 kawat apa itu termasuk ct, soalnya saya bikin travo kayak gitu.. trus di tes tegangan 32 sama 32 tidak ada tegangan tetapi punya tm saya 10a merk bell saya test 32 sama 32 hasilnya 64 apa gulungan sekundernya CT nya di ambil tengah? trus ada ngaruhnya tidak, makasih

      Hapus
    3. Dirangkap dua jika gulungnya bersamaan, maka dua ujung awal fasanya sama, ujung akhir fasanya juga sama. Jika ujung awal dijadikan satu, ujung akhir diukur akan 0V. supaya bisa CT maka 1 ujung awal disambung dengan 1 ujung akhir yang satunya (Beda kawat), dan jadi CT. Ujung bebas lainya jadi 32 V, 32 V.

      Hapus
    4. Dilanjutkan dengan arah yang yang sama. titik 12 ke 12 akan terukur 24

      Hapus
  9. Pak trafo punya saya ct q gulung ulang dari trafo 3A.Saya gulung pakai kawat email diameter 1.05mm.Saya ragu ngetesnya.Bagaimana Pak kira2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sekunder 1,05mm mampu untuk arus 5A. primernya cukup 0,2mm

      Hapus
  10. pak buat trafo 10A step up ,minta resepnya...12V-220V

    BalasHapus
  11. mlm Pak saya punhya bekas travo satvol trafonya bulat dan kawat emailnya sudah saya lepas semua .. seandainya di lilit ulang untuk di jadikan travo aplifier bisa gk Pak ... dan kalu bisa apakah rumusnya sama seperti di atas ?? dan berapa ukuran kawat pimer dan skunder nya apa bila di jadikan trfo 10A ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling mudah jumlah lilitan lama dihitung saat membongkar, atau diukur panjangnya. Nanti ketemu jumlah lilitan yang diperlukan, Besarnya kawat:
      Bisa di lihat pada tabel (Saya Up load di sini)

      Hapus
  12. maav pak sebulnya..saya mw tanya klo trafo 5A bza gga klo di naikin jd 10A,trus klo bza gmna cranya...tlong bantu ea pak..

    BalasHapus
  13. pak trafo saya berisi 2 koker dan tiap koker panjangya(tingggi koker) = 11,5cm.
    diameter masing2 koker (p=6,2 dan l=4cm)
    Jumlah lilit 1 V = (50 / diameter koker) + toleransi 10 %
    Diketahui Lebar koker 4 Cm, Panjang 6,2 Cm.
    Diameter koker 2x (4 + 6,2 Cm) = 20,4 Cm.
    Jumlah lilit tiap 1 Volt = (50/ 20,4) + ((50/20,4) x 0,1))
    = (2,46) + (2,46 x 0,1) = 2,46 + 0,246
    = 2,706 lilit tiap 1 Volt.
    Jumlat lilit untuk tegangan 220 V = 220 x 2,706 = 595,32 = 596 lilit.
    Jumlah lilit Untuk tegangan 45 V = 45 x 2,706 = 121,77 = 122 lilit.
    Jumlah lilit untuk tegangan 12 V = 12 x 2,706 = 32,472 = 33 lilit.

    benarkah perhitungan saya tsb ? terus trafo itu nantinya mau saya gulung primer 220 sedangkan sekunder ct 45 v .mau saya keluaran trafo itu untuk 30A keatas.kira2 diameter kawat untuk primer berapa? serta untuk diameter kawat sekundernya berapa pak ? terus untuk masing2 kawat butuh berapa kilo ? atas bimbingan bapak saya mengucapkan banyak2 terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul. Sepertiny trafo yang cukup besar. Arus Output tergantung diameter kawat, yang penting koker bisa muat sejumlah lilitan yang diperlukan.

      Hapus
  14. Siang pak Susan,
    Bagaimana perhitungan membuat trafo amper rendah [0.02 A ] dan tegangan tinggi [600 Volt ],di tunggu pencerahanya

    BalasHapus
  15. mautanya pak,untuk menentukan kawatnya apakah ada rumusnya sediri?
    sy sering membuat trafo sendiri tapi rumus ampernya sy belum tau
    trafo yg sy bikin sering sy buat inverter dc to ac

    BalasHapus
  16. pak mau nanyak nih...
    klo rumus ampere pada trafo gmna ya pak?
    mohon penjelasan nya ya pak..

    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  17. Salam Susantronika...
    Saya ingin membuat mesin penggulung trafo yang otomatis, harapannya belitannya bisa jauh lebih rapi dan waktu penggulungan lebih singkat. Mohon sarannya ...
    Tapi seandainya mesin otomatis sudah tersedia di Indonesia saya kira lebih baik beli saja. Jika ada alamatnya mohon petunjuknya ...
    Terimakasih ...

    BalasHapus
  18. siang mas susanto, aku punya travo troid bekas stavolt 500 kva, sdh aku bonkar semua lilitannya ( lupa hitung lilitan primernya ) mohon pencerahannya minta rumus lilitan trafo troid mas, thanx

    BalasHapus
  19. kl kita mau menurunkan input trafo dari 220/110 VAC menjadi 60 VAC, apakah kita menambah atau mengurangi gulungan primernya........

    BalasHapus
  20. kalo rumus trsbt bisa di aplikasikan ke trafo toroid atau donat ga

    BalasHapus
  21. maaf kayaknya yang benarnya untuk menentukan lilitan per volt adalah frequency listrik dibagi luas penampang inti besi kern. untuk listrik 220 volt frequencynya 50 hz kalau untuk 110 volt frequencynya 60 hz. cara ini sdh saya pakai bertahun tahun. tentunya ditambah rendemen kerugian 10 % untuk kerugian jala jala listrik. saya udah coba cara anda dan hasilnya tegangannya tidak terlalu tepat. kalau cara saya itu sesuai standard perhitungan internasional dan hasil tegangannya tepat !. jadi pendapat tiara maharani itu memang benar. kalau untuk keperluan tegangan tidak presisi cara anda boleh lah misalnya untuk bikin amplifier biasa. tapi kalau untuk bikin ELC micro hydro wah cara anda beresiko besar. Maaf saya cuma mencoba meluruskan biar bangsa kita sama sama makin maju ok ?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih masukkannya. Frekuensi langsung diberi angka 50 karena frekuensi di indonesia memang 50 Hz. dan luas penampang itupun juga benar. Ada sedikit perbedaan hasil akhir tapi biasanya 0,... lilit yang jika dipraktikkan akan sangat sulit.

      Hapus
    2. Ketepatan tegangan out put tergantung ketepatan perbandingan belitan primer sekunder dan kestabilan tegangan input.

      Hapus
  22. mau nanya mas, ini pertama kali q pengen lilit travo sendiri, q pnya trafo 5A, tp sudah kebakar/ rusak, trus q pengen rubah jadi 10A dengan tegangan 32/ lebih, tp gax pake lilitan yang 1A, cranya gmn y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide yang bagus. Hanya saja kesulitannya untuk amper yang lebih besar maka kawatnya juga lebih besar sehingga ruang untuk menggulung tidak muat.
      5 A bisa saja jadi 10 A, tetapi resikonya tegangan outputnya tidak bisa besar (32 V).
      jika outputnya hanya 6 V/ 10 A masih mukin di praktikkan.

      Hapus
  23. met pagi kawan..
    mau tanya nih..
    saya mau gulung transformator,tapi bentuk kawat emailnya kotak,nah sy mau gulung dengan menggunakan kawat bulat..
    bagaimana rumusnya untuk merubah kawat kotak menjadi kawat bulat..
    terima kasih untuk jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentuk kawat tidak mempengaruhi/ merubah rumus perhitungan. Yang paling sering dipakai kawat bentuk bulat dan pita. Bentuk pita banyak digunakan untuk arus yang yang sangat besar (untuk Las Listrik)

      Hapus
  24. Waduh pusing..., ga punya dan GA ngerti rumus & ilmu elektro. Udah di bongkar bingung ngelilitnya, travo ct 12 s/d 20 vol 3A , apa bongkar yg 5A ya, pasti lupa lagi ngitung lilitannYA

    BalasHapus
  25. untik membuat trafo yg 50va di butuhkan brpa byk kabel pak?
    terimakasih

    BalasHapus
  26. untuk mmbuat trafo 50va diprlukan brp byk kabl? trimakasih

    BalasHapus